Dana Taperum Akan Dikembalikan Ke PNS

Pekerja Rumah Subsidi

Jakarta, HIMPERRA—Pemerintah akan melakukan pengembalian dana tabungan perumahan (Taperum) kepada PNS baik yang masih aktif maupun yang telah pensiun dan meninggal. Pengembalian tersebut akan dilakukan sebelum akhir tahun. 

Hal tersebut dijelaskan Eko D. Heripoerwanto, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR,  dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR, Senin (14/9/2020. Ia mengatakan bahwa saat ini sudah dibentuk tim pelaksana likuidasi aset Bapertarum-PNS melalui keputusan Menteri PUPR Nomer 1318/KTPS/ M/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penetapan Tim Sekretariat dan Narasumber Pelaksanaan Likuidasi Aset Bapertarum PNS. 

Adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomer122/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pengalihan dan Pengembalian Dana Taperum PNS telah ditetapkan pada tanggal 1 September 2020. 

Saat ini juga sudah dilaksanakan kick of meeting dengan tim likuidasi tim pelaksana dan tim sekretariat pada tanggal 27 Agustus 2020. 

“Sedang dilakukan pemadanan data PNS dengan Badan Kepegawaian Negara. Dan sudah disiapkan surat ketua tim pengarah pelaksana likuidasi untuk menteri pemegang rekening Taperum PNS terkait hal cut of date,” tambahnya. 

Selain itu, saat ini sedang disiapkan proses lelang aset Bapertarum PNS diawali dengan melakukan penilaian aset oleh KJPP. Pemerintah juga sedang menyiapkan proses penunjukkan aktuaris untuk penghitungan estimasi saldo Taperum- PNS. 

“Kemenkeu sedang menyiapkan laporan keuangan pembuka Tapera,” katanya. 

Rencananya pengembalian dana ini akan dilakukan sebelum akhir 2020. Namun Eko tidak menjelaskan lebih lanjut besaran dana yang akan dikembalikan melalui Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) tersebut.

Respond For " Dana Taperum Akan Dikembalikan Ke PNS "